Sewa HT Jogja

Sewa HT Jogja – Sudah bukan rahasia lagi kalo Handy Talky lebih sering disingkat dengan nama HT, keberadaanya yang cukup vital ini diakui bisa melancarkan komunikasi sebuah acara. Sebenarnya kita sering melihat seorang satpam menggunakan Handy Talky, bahkan teknisi pabrik juga memilih HT sebagai alat komunikasi pilihan. Kalau masih ada yang bingung apa sih HT itu, secara sekilas HT memiliki tampilan yang mirip dengan telpon genggam jaman dulu, yang lebih besar dan ditambah dengan antena yang mencolok.

Dengan perkembangan teknologi, Handy Talky yang awalnya memiliki tampilan identik gede sekarang sering ditemui Handy Talky yang tampilannya semakin ringkas. Sengaja di design ramping agar terlihat perbedaannya HT yang jadul dengan yang kekinian. Handy Talky dibuat sebagai perangkat komunikasi portable sehingga cocok untuk melakukan komunikasi antar orang maupun antar kelompok, penggunannya yang terbilang mudah serta hemat karena tanpa menggunakan pulsa maupun kuota sehingga lebih efisien.

Handy Talky menggunakan frekuensi radio sebagai medium untuk dapat berkomunikasi. Frekuensi radio yang digunakan ada dua jenis, yaitu UHF (Ultra High Frequency) dan VHF (Very High Frequency). Pasti bertanya-tanya kan, frekuensi manakah yang paling efektif untuk digunakan.

Sederhananya, perbedaan diantara keduanya ada pada frekuensi yang dimana UHF memiliki jangkauan frekuensi yang lebih kuat untuk menembus hambatan, sedangkan VHF memiliki jangkauan frekuensi yang lebih luas. Jika kalian masih geleng-geleng kepala karena belum sepenuhnya paham, yuk kita bahas secara panjang lebar tentang UHF dan VHF sebagai berikut:

  • UHF (Ultra High Frequency)

Umumnya UHF menawarkan penetrasi bangunan yang lebih baik dan oleh karena itu cocok untuk di dalam ruangan maupun untuk daerah kepadatan bangunan tinggi contohnya seperti di perkotaan. UHF merupakan gelombang elektromagnetik dengan frekuensi antara 300 MHz sampai dengan 3 GHz atau setara dengan 3000 MHz. panjang gelombang yang sesuai dengan frekuensi batas ini adalah 1 meter dan 10 cm. dalam band UHF, sinyal dari pemancar berbasis bumi tidak dikembalikan oleh ionosfer ke permukaan, mereka selalu masuk ke dalam ruangan.

  • VHF (Very High Frequency)

Frekuensi ini lebih cocok untuk daerah dimana ada vegetasi, dimana sinyal dapat melewati obyek. Dengan alasan ini radio VHF yang ideal untuk digunakan di luar ruangan. VHF adalah frekuensi radio yang berkisar dari 30 MHz ke 300 MHz. frekuensi langsung dibawah VHF yang ditandai frekuensi tinggi (HF), dan frekuensi berikutnya dikenal sebagai frekuensi ultra tinggi (UHF). Panjang gelombang yang sesuai dengan frekuensi batas ini adalah 10 meter dan 1 meter. Dalam band VHF, medan elektro magnetik dipengaruhi oleh ionosfer bumi dan troposfer.

Sewa HT Jogja tidak hanya sekedar menyewa, karena HT juga memiliki cara perawatannya juga. Setelah membahas jenis-jenis frekuensi pada Handy Talky, sekarang waktunya membahas bagaimana caranya merawat Handy Talky, berikut beberapa tipsnya:

Pertama, yaitu merawat battery layaknya smartphone tanpa battery Handy Talky pun tidak akan bisa berfungsi. Karena battery merupakan jantung dari segala perangkat elektronik, battery Hand Talky sendiri sangat penting dijaga masa dayanya, karena battery HT cukup sensitive. Battery yang digunakan kebanyakan battery Lithium Ion, yang memiliki karakteristik daya yang awet, pengisian cepat (fast charging) dan tidak memiliki memory effect.

Kedua, hindari air dan menjaga kelembaban karena sama seperti alat elektronik pada umumnya, air adalah musuh utama yang harus diwaspadai. Karena air adalah penghantar listrik terbaik, sehingga jika ada barang elektronik yang terkena air sudah bisa dipastikan bisa menyebabkan korsleting sirkuit yang mengakibatkan terbakar. Untuk masalah kelembaban juga harus diperhatikan, pastikan tempat penyimpanan kering dan bisa juga kalian menyimpannya di tempat box khusus yang terdapat karet penyegel pada tepinya lalu siapkan gel silica yang memiliki fungsi untuk menyerap kelembaban dan menciptakan suhu ruang yang ideal.

Ketiga, perawatan secara berkala yang dilakukan dengan cara mengaktifktan Handy Talky minimal setiap dua minggu sekali jika lama tidak digunakan. pastikan kondisi antenna, unit Handy Talky dan battery normal. Agar lebih aman, jangan biarkan semua aksesoris HT seperti  headset,  antenna, dan battery selalu terpasang, pisahkan pada tempatnya masing-masing.

Keempat, hindari mencharge dengan waktu yang lama, dikarenakan daya battery akan cepat mengembung sehingga mempercepat umur pada battery itu sendiri. Disarankan jika battery Handy Talky sudah penuh untuk segera melepas chargernya.

Kelima, jangan memaksa mencharge battery dengan voltase tinggi. Dikarenakan jika tegangan listrik/ampere yang besar juga dapat mempengaruhi daya battery pada Handy Talky, untuk itu disarankan menggunakan adapter charger standar bawaan dari HT tersebut. Dengan menggunakan charger bawaan akan mempengaruhi ketahanan battery, pada charger bawaan telah dilengkapi dengan rangkaian tambahan sehingga tegangan dari adaptor tidak langsung ke battery.

Beberapa tips cara merawat Handy Talky bisa dijadikan wawasan jika nantinya anda akan menyewa maupun membelinya, karena semua akan percuma jika kita memiliki barangnya tapi tidak bisa merawatnya dengan baik. Ibarat sebuah hubungan, jika tidak terjalinnya sebuah komunikasi yang baik bisa jadi hubungan itu akan jadi toxic relationship, sekedar perumpamaan yah ndes jangan baper dong wkwkwk

Nah, untuk kalian yang masih bingung untuk menyewa Handy Talky kalian bisa segera datangi kantor kami langsung di daerah jogja. Cari saja sewa HT jogja, kami menawarkan harga yang relatif murah serta bersaing dan kami menyediakan beberapa Sewa HT Jogja, Rental HT Jogja yang memiliki kualitas yang tidak perlu diragukan lagi.

Tinggalkan komentar